Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Paling Mudah - Miuiku

Iklan

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Paling Mudah

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp - Dark Mode atau mode gelap menjadi salah satu fitur yang sedang tren sekarang ini, khususnya di smartphone android. Beberapa pengembang aplikasi juga semakin gencar membekali fitur tersebut pada aplikasi besutannya. Salah satunya adalah WhatsApp yang juga sudah dibekali dengan fitur Dark Mode atau mode gelap tersebut. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp (WA) tersebut?



Tidaklah sulit untuk mendapatkan tampilan gelap pada aplikasi WhatsApp. Pasalnya tampilan gelap di WhatsApp tersebut akan aktif secara default mengikuti settingan Mode Dark pada sistem Android atau iOS. Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di HP Android

Bagi pengguna HP android, Anda patut berbahagia karena fitur Dark Mode sudah dihadirkan oleh Google. Mengaktifkan Dark Mode akan memberikan banyak keuntungan bagi pengguna, misalnya untuk membuat mata nyaman saat memandang layar, lebih hemat baterai dan lain sebagainya. 

Untuk cara mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp, syarat paling utama harus dipenuhi adalah HP sudah mengadopsi OS Android Q. Android Q ini sendiri masih tersedia dalam versi Beta sekarang ini. Meski begitu, Anda sudah bisa mendownload dan menggunakannya di HP android. Jika memang sudah, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini:


  • Untuk mengaktifkan fitur Dark Mode, Anda masuk ke menu Pengaturan atau Setelan. 
  • Setelah itu, pilih opsi Display lalu pilih opsi Select Theme dan terakhir pilih Dark Mode. 
  • Sekarang fitur Dark Mode pada sistem android sudah aktif, tetapi ini belum berpengaruh terhadap aplikasi WhatsApp. 
  • Untuk mengaktifkan mode gelap di WhatsApp, Anda masih perlu melakukan pengaturan pada Developer Option. Aktifkan terlebih dahulu opsi Developer Option dengan cara masuk ke menu Pengaturan atau Setelan, kemudian pilih opsi About Phone. Pada bagian Build Number, Anda lakukan tap sebanyak 5 hingga 7 kali sampai muncul notifikasi bertulis “Developer option is turned on”.
  • Kembali ke menu Pengaturan atau Setelan, sekarang Anda pilih opsi Developer Option yang sudah diaktifkan tadi. 
  • Setelah itu, aktifkan fitur Dark Mode secara penuh dengan cara klik opsi Override force-dark. 
  • Sekarang buka aplikasi WhatsApp, secara otomatis tampilan gelap akan langsung diterapkan. Namun, biasanya wallpaper obrolan masih menggunakan warna default sehingga kamu perlu menggantinya secara manual dengan wallpaper bernuansa gelap agar lebih maksimal. 

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di iOS

Tidak hanya bagi pengguna android saja, pengguna iPhone juga memungkinkan menikmati fitur Dark Mode pada aplikasi WhatsApp-nya. Aplikasi WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi chatting populer yang sudah mendukung fitur Dark Mode atau mode gelap. Fitur tersebut akan secara otomatis aktif jika fitur Dark Mode pada sistem diaktifkan. 

WhatsApp Dark Mode ini sendiri sudah bisa dinikmati oleh pengguna iPhone yang menggunakan iOS 11 ke atas. Caranya tidaklah sulit, yakni hanya dengan mengaktifkan fitur Smart Invert yang berfungsi untuk membalikkan warna layar. Langkah-langkah mengaktifkan fitur tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings. 
  • Setelah itu, pilih opsi Accessibility. 
  • Selanjutnya Anda cari opsi Display Accomodations dan klik opsi tersebut. 
  • Pilih opsi Invert Colors dan terakhir aktifkan Smart Invert. 

Sementara bagi Anda pengguna iPhone dengan iOS 13, agak berbeda untuk cara menikmati WhatsApp Dark Mode. Langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan atau Settings. 
  • Kemudian pilih opsi Display & Brightness. 
  • Selanjutnya, pada bagian Appearance Anda pilih Dark. Secara otomatis fitur Dark Mode sudah berhasil diaktifkan. 

Itulah tadi cara mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp yang bisa Anda terapkan. WhatsApp Dark Mode ini sendiri sudah bisa dinikmati dengan mudah baik oleh pengguna perangkat Android maupun iOS. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel