Cara Mengatasi Smartphone Xiaomi Tenggelam di Air - Miuiku

Iklan

Cara Mengatasi Smartphone Xiaomi Tenggelam di Air

Xiaomi Tenggelam - Tahukah kalian bahwa ada cara-cara yang tepat ketika smartphone xiaomi kalian tenggelam/kecemplung di air. Pembahasan artikel kali ini, tim xiaomiku akan memberikan tips-tips yang tepat ketika kalian mengalami kejadian tersebut.

cara tepat mengatasi hp xiaomi tenggelam di air
cara tepat mengatasi hp xiaomi tenggelam di air
Seperti diketahui smartphone termasuk barang elektronik yang mengandung aliran listrik. Maka dari itu smartphone sangat rentan korsleting apabila terkena air, jadi kamu perlu sangat berhati-hati jangan sampai smartphone kesayangan terkena air.

Belakangan ini ada beberapa smartphone xiaomi dengan fitur anti air atau waterproof yang siap melindungi smartphone dari air, akan tetapi saat ini masih banyak sekali smartphone konvensional yang sangat rentan terhadap air salah satunya smartphone besutan xiaomi.

Maka dari itu kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan smartphone xiaomi non waterproof, jangan sampai tenggelam ke dalam air karena bisa berakibat rusaknya smartphone xiaomi non waterproof. Kerusakan pun bisa ringan dan bisa juga parah yang mengakibatkan smartphone akan mati total.

Namun jika smartphone sudah terlanjur terkena air, adakah solusi mengatasi smartphone xiaomi yang terkena air supaya kembali normal seperti sediakala? Tentu saja ada dan bisa sangat ampuh jika dilakukan dengan baik dan benar, contohnya seperti berikut ini.

cara mengatasi xiaomi kecemplung di air
cara mengatasi xiaomi kecemplung di air

7 Cara Tepat Mengatasi Smartphone Xiaomi Tenggelam di Air

1. Amankan Smartphone Secepatnya

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah segera ambil smartphone yang terkena air lalu amankan di tempat yang kering. Jangan terlalu panik ketika mengambil karena kepanikan saat mengatasi masalah hanya akan menambah parah masalah yang sedang kamu hadapi.

Kenapa harus cepat diambil? Jawabanya karena smartphone memiliki celah atau lubang yang bisa dimasuki air contohnya pada lubang speaker dan port usb. Jika tidak diambil atau diamankan secepat mungkin air akan masuk ke bagian dalam smartphone kamu, kondisi tersebut akan memperparah kondisi smartphone bahkan bisa mengakibatkan smartphone kamu mati total.

Lihat Juga:
(Review) Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Band 2

2. Matikan Smartphone

Apabila ketika tenggelam smartphone xiaomi masih hidup, maka kamu harus mematikan smartphone segera. Kenapa harus dimatikan? Jawabannya karena arus listrik ketika smartphone hidup sangat rentan konslet jika terkena air. Perlu diketahui konsleting pada smartphone merupakan salah satu penyebab rusaknya smartphone yang paling sering terjadi.

3. Lepas Bagian-bagian Smartphone

lepaskan bagian-bagian hp xiaomi ketika tenggelam di air
lepaskan bagian-bagian hp xiaomi ketika tenggelam di air
Selanjutnya kamu harus melepas bagian-bagian smartphone contohnya baterai, kartu memori dan kartu SIM. Silahkan lap bagian yang basah menggunakan benda yang bisa menyerap air seperti handuk, lebih bagus lagi jika kamu menggunakan kanebo yang memiliki keunggulan bisa menyerap air dengan cepat.

4. Rendam ke dalam Beras

cara mengatasi hp xiaomi tenggelam air dengan direndam beras
cara mengatasi hp xiaomi tenggelam air dengan direndam beras
Selanjutnya kamu harus merendam bagian smartphone ke dalam beras. Caranya siapkan wadah secukupnya bisa menggunakan toples atau plastik, lalu silahkan isi wadah tersebut dengan beras. Masukkan juga bagian-bagian smartphone yang kamu lepas seperti baterai, kartu sim, kartu memori dan smartphone lalu kubur dengan beras dan tutup rapat, biarkan selama 12 jam.

5. Mengisi Daya Smartphone

Setelah 4 langkah diatas, pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone kalian benar-benar kering. Dan lanjutkan ke langkah ke-lima cara mengatasi smartphone yang tenggelam ke air adalah mengisi daya smartphone hingga penuh. Hal ini bertujuan supaya baterai smartphone kembali stabil dan siap kembali menyuplai daya supaya smartphone bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga:
Cara Mengubah Warna Softcase/Jelly Case dengan Kertas Krep

6. Aktifkan Kembali Smartphone

Setelah daya sudah terisi secara penuh silahkan aktifkan smartphone kamu. Dan silahkan cek kinerja smartphone kamu contohnya layar, speaker, kamera mik dan coba juga untuk mencolokan headset. Pastikan semua fitur tersebut kembali normal.

7. Gunakan Smartphone dengan Hati-hati

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan smartphone dengan hati-hati. Usahakan untuk menjauhkan smartphone dari tempat yang memiliki banyak air seperti kolam dan kamar mandi.


Demikian tata cara mengatasi smartphone xiaomi terkena air yang baik dan benar. Selalu berhati-hati ketika menggunakan smartphone, karena jika kita ceroboh smartphone bisa mengalami kerusakan parah. Terimakasih sudah membaca, sempatkan juga untuk membaca artikel tak kalah menarik lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Smartphone Xiaomi Tenggelam di Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel