Cara Mengatasi Couldn't Verify Update Package Xiaomi - Miuiku

Iklan

Cara Mengatasi Couldn't Verify Update Package Xiaomi

Couldn't Verify Update - Setiap smartphone android pasti mempunyai fitur update, termasuk smartphone milik xiaomi. Namun, seringkali pengguna xiaomi mengalami couldn't verify update package saat melakukan proses update. Melakukan update sistem bertujuan untuk menutup bug, penambahan fitur, dan memperbaiki sistem secara keseluruhan agar lebih stabil. 

Untuk smartphone xiaomi sendiri proses update biasanya menggunakan cara OTA (On The Air) dari aplikasi Updater. Pengguna akan menerima notifikasi bahwa sistem yang digunakan sudah memiliki update yang harus segera diinstall.
cara mengatasi couldn't verify update xiaomi
cara mengatasi couldn't verify update xiaomi
Pada proses update xiaomi, biasanya aplikasi Update akan melakukan pengunduhan file sistem terbaru hingga 100% kemudian setelah selesai mengunduh, baru file akan diinstall. Proses penginstallan ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, jadi usahakan baterai kalian tetap terisi. Karena jika saat proses install tiba-tiba ponsel xiaomi kalian mati, maka biasanya ponsel akan bootloop.

Melakukan update sistem di xiaomi memang terlihat gampang, karena tinggal memilih "Download Update" pada aplikasi Updater. Namun, seringkali banyak pengguna xiaomi yang mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukan update sistem karena muncul pesan error "Couldn't Verify Update Package" atau biasanya diartikan "Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan". Hal ini menyebabkan banyak pengguna xiaomi tidak bisa menginstall pembaruan di ponsel xiaomi mereka.

Penyebab Utama Couldn't Verify Update/Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan Xiaomi

Ada beberapa hal yang menyebabkan kalian gagal melakukan update melalui aplikasi Updater. Berikut adalah penyebab couldn't verify update/tidak dapat verifikasi pembaruan xiaomi:

1. Ponsel Xiaomi kalian menggunakan ROM Distributor Abal"

Sudah banyak pengguna xiaomi yang mengeluhkan bahwa ROM Distributor tidak bisa melakukan update. Hal ini wajar saja kena ROM Distributor merupakan ROM yang sudah dikustom oleh seseorang/kelompok untuk kepentingannya.

Selain berat saat digunakan, ROM Distributor biasanya disisipi banyak iklan dan tidak akan menerima update via OTA (On The Air). Jadi pastikan ROM yang kalian gunakan bukan ROM Distributor Abal".

2. Unduhan File ROM Corrupt

Corrupt atau biasanya sering diartikan tidak lengkap. Hal ini biasanya dialami oleh pengguna xiaomi yang melakukan proses update menggunakan jaringan yang tidak stabil. Jadi, ketika mengunduh file update, jaringan tidak stabil dan menyebabkan file yang diunduh corrupt atau tidak lengkap.

Hal ini menyebabkan saat proses penginstallan update akan gagal. Saran xiaomiku adalah ketika ingin melakukan update, pastikan terlebih dahulu jaringan kalian stabil dan tidak lemot.

3. Ponsel Sudah terpasang TWRP Recovery

TWRP memang sangat membantu pengguna xiaomi saat hendak melakukan perbaikan sistem. Namun, hal ini menyebabkan kalian akan gagal melakukan update melalui aplikasi Updater. Untuk yang belum tahu lebih jelas tentang TWRP silahkan baca artikel xiaomi mengenai perbedaan twrp dan cwm.

4. Memori Penyimpanan Tidak Cukup

Hal ini juga yang menjadi penyebab kenapa seringali gagal melakukan proses update xiaomi. Karena pada saat proses update, file unduhan ROM yang ditaruh di dalam memori internal. Jadi pastikan saat proses update, memori internal kalian masih luas. Untuk kalian yang mengalami memori penuh, silahkan baca artikel kami mengenai cara mengatasi memori penuh xiaomi


5. Sistem Xiaomi sudah dimofidikasi

Pastikan saat melakukan update via Updater, ponsel xiaomi kalian belum dimodifikasi seperti menghapus beberapa file sistem, mengganti font ataupun lainnya. Hal ini sama seperti menginstall twrp yang menyebabkan proses update sistem gagal.


Cara Mengatasi Couldn't Verify Update Package Xiaomi

Setelah mengetahui penyebab-penyebab gagal melakukan update sistem, kita akan melanjutkan pembahasan tentang cara mengatasi couldn't verify update package/tidak dapat verifikasi pembaharuan. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, xiaomiku akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian gunakan. Beriku adalah beberapa cara mengatasi gagal update di ponsel xiaomi:
Catatan: Untuk ROM MIUI 9.2 aplikasi Updater berada di "Settings". Silahkan kalian ke "Settings" --> "About phone" --> "Update System".

1. Ulangi Proses Update Sistem Xiaomi

Cara pertama adalah dengan mengulangi proses update sistem. Karena dengan mengulang proses update kita akan tahu penyebabnya update sistem xiaomi gagal. 
  • Pertama, pastikan koneksi kalian stabil dan kuota masih (baik menggunakan wifi ataupun mobile data).
  • Kemudian sebelum mengunduh ulang. Hapus ROM yang diunduh sebelumnya. Silahkan masuk ke "Memori Internal" --> "downloaded_rom" hapus file ROM tersebut.
  • Selanjutnya buka aplikasi Updater, kemudian unduh ulang file ROM update. Saat proses mengunduh kami sarankan jangan memakai ponsel sampai proses unduh selesai 100%.
    cara melakuan update xiaomi via ota updater
    cara melakuan update xiaomi via ota updater
  • Jika unduhan telah selesai, berarti kalian sudah mengatasi "can’t verify update packages".
  • Kemudian tombol "Perbarui /Download" di Updater akan berubah menjadi "Mulai ulang sekarang/Reboot".
    cara melakukan update via updater
    cara melakukan update via updater
  • Kemudian kalian tekan tombol "Download". Dan hp xiaomi kalian akan melakukan penginstallan pembaharuan. Proses ini akan memakan waktu cukup lama, dan untuk proses booting pertama kali juga lumayan lama.
  • Selesai.

2. Lakukan Update ROM MIUI secara Manual

Apabila kalian masih gagal menggunakan cara diatas, maka dapat diasumsikan bahwa file ROM mengalami corrupt saat diunduh. Namun, kalian masih bisa menggunakan update manual, yaitu dengan mengunduh file update melalui PC/Laptop kemudian pindah ke hp xiaomi kalian.
  • Pertama silahkan kalian hapus dulu ROM yang sebelumnya kalian unduh. Silahkan masuk ke "Memori Internal" --> "downloaded_rom" hapus file ROM tersebut.
  • Kemudian melalui PC/Laptop silahkan kalian unduh file ROM update xiaomi kalian.
  • Pergi ke http://en.miui.com/download.html dan pastikan kalian mengunduh file ROM sesuai seri dan tipe xiaomi kalian. Apabila bingung silahkan baca cara membedakan seri/tipe xiaomi.
  • Tunggu hingga proses unduh selesai.
  • Apabila sudah selesai, silahkan lakukan rename file unduhan tadi menjadi "Update.zip" (tanpa tanda petik).
  • Selanjutnya tinggal kalian pindahkan ke memori internal hp xiaomi.
  • Kemudian buka aplikasi "Updater", dan pada pilih menu titik tiga (di pojok kanan atas).
    cara update manual xiaomi
    cara update manual xiaomi
  • Selanjunya tap pada "Pilih paket pembaharuan (Choose update package)".
    cara melakukan update manual xiaomi
    cara melakukan update manual xiaomi
  • Kemudian pilih file manager dan pilih lokasi file update yang sudah kalian pindahkan tadi.
  • Selanjutnya tinggal melakukan proses update.

3. Install Update Melalui Flashing (Install Ulang Keseluruhan)

Jika kedua cara diatas masih gagal, ada cara lagi yang dapat kalian lakukan. Namun, cara bisa dibilang rumit karena kalian harus melakukan flashing alias install ulang keseluruhan sistem xiaomi.  Jadi kalian nanti akan melakukan flash menggunakan file ROM yang paling baru. 

Untuk melakukan flashing ROM, hp xiaomi kalian harus sudah unlock bootloader. Untuk melakukan unlock bootloader silahkan baca tutorialnya dibawah ini:
Silahkan kalian pilih salah satu cara unlock bootloader karena pada dasarnya cara unlock bootloader xiaomi sama saja.

4. Silahkan Minta Bantuan ke Teknisi  

Ini merupakan cara terakhir apabila cara-cara diatas masih belum mengatasi gagal update xiaomi. Silahkan kalian bawa hp xiaomi ke teknisi yang sudah kalian percaya untuk membantu proses update sistem.


Itulah beberapa penyebab kalian gagal dalam proses update miui serta cara untuk mengatasi couldn't verify update di hp xiaomi. Semoga dengan cara-cara diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk membantu kalian. Apabila kalian merasa artikel ini membantu silahkan kalian bantu tim xiaomiku untuk membagikannya. Sekian dari kami dan terima kasih telah berkunjung, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Couldn't Verify Update Package Xiaomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel